Senin, 18 April 2016

Biografi Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso)

L.M Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso) - Nama Yos Sudarso sangat lekat dalam ingatan bangsa Indonesia dalam perjuangan merebut irian barat dari tangan penjajah Belanda. Pasca perundingan KMB (Konferensi Meja Bundar), Irian Barat masih dibawah kolonialisme Belanda. Sebagai wilayah yang masuk Nusantara, Irian Barat diperjuangkan mati- matian oleh bangsa Indonesia baik melalui diplomasi maupun konfrontasi politik, ekonomi dan militer. 


Biografi Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso)


Puncak perebutan Irian Barat melalui perintah Prseiden Soekarno dalam pidatonya yang terkenaldengan sebutan TRIKORA (Tri Komando Rakyat). Tindak lanjut dari TRIKORA adalah pembentukan komando Mandaladan konfrontasi militer.

Dalam konfrontasi militer di Laut Arafuru,Laksamana Madya Yosaphat Soedarso atau yang sering kita sebut Yos Sudarso gugur, setelah KRI Macan Tutul di bombardir oleh armada angkatan laut militer Belanda. 

Yos Sudarso lahir di Salatiga, Jawa Tengah pada tanggal 24 November 1925 dan wafat pada usia 36 tahun di atas KRI Macan Tutul dalam pertempuran di Laut aru melawan armada militer Belanda. Beliau menikah dengan Ny. Siti Kustini tahun 1955 dan dikaruniai lima orang anak.

Nama besarnya kini diabadikan menjadi nama armada Angkatan Laut Indonesia, nama pulau dan nama jalan- jalan protokol di kota- kota besar Indonesia. Beliau kemudian dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Demikian artikel tentang "Biografi Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso)" ini saya uat dan saya susun, SEMOGA BERMANFAAT.

Salam Cinta Tanah Air

Related Posts

Biografi Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso)
4/ 5
Oleh